BUDIDAYA
PUYUH
(peternakan
puyuh dan produksi telur puyuh asin)
A.
PENDAHULUAN
Menjadi
seorang karyawan swasta adalah posisi kerja yang paling banyak bagi orang
Indonesia terutama penulis sendiri. Penulis dalam menjalani kehidupan
keseharian bekerja rasa membosankan sering dihadapi apalagi kontrak kerja yang
tidak memuaskan sehingga menjadi khawatir saat diusia senja karena faktor
ekonomi. Kemungkinan peluang yang paling utama dalam menjawab masalah tersebut
penulis ingin menjadi seorang wirausaha agar lebih terjamin kehidupan nantinya
saat diusia tua. Menjadi seorang wirausaha memang tidak mudah banyak kegagalan
yang harus dihadapi, agar tidak mengalami kegagalan / kerugian banyak seorang
wirausaha harus merencanakan setrategi dalam menjalani usahanya. Salah satu usaha yang akan dikembangkan penulis yaitu pemeliharaan burung puyuh.
Telur puyuh banyak dikenal dimasyarakat karena banyak
dijual oleh pedagang asongan di bus, terminal, warkop dan rumah makan. Puyuh sebagai salah satu ternak unggas, cocok
diusahakan sebagai usaha sambilan maupun komersial sebab, telur dan dagingnya
semakin popular dan dibutuhkan sebagai salah satu sumber protein hewani yang
cukup penting. Banyak penggemar jamu tradisional memilih telur puyuh untuk campuran jamu.
Para ibu menggunakan telur dan daging puyuh dalam menu makanan keluarga mereka,
terutama untuk balita dan anak dalam masa pertumbuhan. Namun, tidak sedikit
pula orang dewasa membiasakan diri mengkonsumsi daging dan telur puyuh sebagai
usaha menjaga kesehatan tubuh. Hal ini mendorong beternak puyuh semangkin
popular dan banyak penggemarnya. Mengenai tentang
beternak puyuh diwilayah tempat tinggal penulis belum pernah terdengar seorang
wirausaha menjalani beternak puyuh, oleh karena itu penulis berfikiran
menjadikan peluang usaha karena pesaing yang tidak banyak dengan memanfaatkan
lahan sendiri yang tak terpakai. Demikian pula penulis, tertarik untuk merencanakan wirausaha budidaya puyuh yang akan diwujudkan nantinya. Agar
budidaya lebih menguntungkan penulis juga memanfaatkan telur puyuh asin sebagai
produksinya.
·
Visi
dan Misi
1.
Visi
Menjadikan budidaya puyuh sebagai pasokan
kebutuhan pangan masyarakat yang berkualitas terutama pada produk telur puyuh
asin.
2. Misi
·
Membudidayakan puyuh dengan memanfaatkan
lahan kosong
·
Memiliki pelanggan tetap dan meluas
·
Memiliki ciri khas atau rasa yang
berbeda dengan mengutamakan kualitas
·
Memiliki tambahan pendapatan ekonomi
B.
ASPEK
PEMASARAN
a.
Segmen
Pasar
Daging
burung puyuh penjualannya terdapat diarea pasar, sebagai lauk rumah makan pengganti
daging ayam dan penjualan diarea ternak yang dikonsumsi perorangan sebagai obat
kesehatan tubuh. Telur puyuh sering dijual pada warung kopi, terminal dan pasar
sehingga penjualan telur lebih banyak dari pada daging puyuh.
b.
Target
Pasar
Pemasaran
telur puyuh mentah dijual diarea pasar nlokal terdekat dahulu dengan menjual
harga lebih terjangkau dan meminimum biaya transport sehingga mempunyai
pengeluaran dan pendapatan seimbang. Untuk produk makanan telur puyuh asin
dipasarkan diwarung kopi dan warung makan yang dijual dilangganan atau konsumen baru (pelanggan
datang sendiri kelokasi produksi).
c.
Positioning
Produk
telur puyuh asin yang berkualitas dengan mencantumkan manfaat/komposisi, logo
perusahaan dan memiliki label halal, bertujuan untuk membedakan dengan pesaing
lain dan memiliki daya tarik bagi konsumen karena menyantumkan manfaat produk
yang jelas dibandingkan produk pesaing.
d.
Permintaan
Tahun
|
Perkiraan
Permintaan
( dalam Unit
) dengan kenaikan 3% per tahun
|
2016
|
230000
|
2017
|
236900
|
2018
|
244007
|
2019
|
251327
|
2020
|
258867
|
e.
Penawaran
·
Penawaran
dari produk pesaing sejenis di pasar
Perusahaan
Nama Pesaing
|
Kapasitas
Produksi / Tahun
( dalam
butir telur )
|
Allance
machinery
|
302500
|
Vita
|
252000
|
indotrading
|
250500
|
Jayasentosa
|
230000
|
·
Proyeksi
penawaran
Tahun
|
Perkiraan Penawaran
( dalam Unit )
|
2016
|
184000
|
2017
|
189520
|
2018
|
195206
|
2019
|
201062
|
2020
|
207094
|
f.
Rencana
Penjualan dan Pangsa Pasar
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C = A-B)
|
Rencana
Penjualan
(D)
|
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)
|
2016
|
230000
|
184000
|
46000
|
43200
|
0,93
|
2017
|
236900
|
189520
|
47380
|
44496
|
0,93
|
2018
|
244007
|
195206
|
48801
|
45831
|
0,93
|
2019
|
251327
|
201062
|
50265
|
47206
|
0,93
|
2020
|
258867
|
207094
|
51773
|
48622
|
0,93
|
a.
Product
Telur puyuh asin memiliki pembeda
penjualan pada sisi kemasan, desain kemasan yang mencantumkan logo kemasan,
logo halal dan alamat perusahaan yang jelas, komposisi dan manfaat bagi tubuh
agar memberikan minat bagi konsumen karena mengetahui manfaat memakan telur
puyuh.
b.
Price
Dalam harga masing – masing telur puyuh
memang berbeda, seperti telur puyuh mentah dijual dengan harga tipis dibawah
rata – rata agar memiliki konsumen baru yang bertujuan mempunyai pelanggan
tetap nantinya dan harga bisa sama dengan pesaingn lainnya pada satu bulan
kemudian. Untuk produksi telur puyuh asin harga lebih relatif diatas sedikit
dari harga telur puyuh rebus biasa karena memiliki tahap – tahapan produksi
yang lebih banyak, untuk distributor maupun pembeli yang membeli telur puyuh
asin dengan jumlah banyak 50kg mendapatkan discount sebanyak 5%.
c.
Promotion
·
Advertising
(Iklan)
Beriklan dapat dilakukan melalui media berikut :
-
Dalam jangka pendek : mengedarkan brosur
dan iklan diradio
-
Dalam jangka panjang : mempromosikan
melalui dunia maya seperti, BBM, facebook, instagram, dan olx.
·
Sales
Promotion
Promosi
dilingkungan pasar lokal dan juga pasar tersebut dekat dengan jalan raya karena
berfokus penjualan kepada masyarakat luas agar produk juga lebih diketahui
secara meluas juga dengan pendekatan melakukan penjualan ditempat dan memasang
banner berdiri.
·
Personal
Selling
Menawarkan langsung ditempat warung kopi
dan warung makan/restoran yang dimana konsumen/pemilik warung diperbolehkan
mencicipi 1 butir telur asin dengan menginformasikan manfaat mengkonsumsi telur
puyuh asin, dan melakukan proses penjualan apabila langsung diminati
d.
Placement
Lokasi tetap usaha pada penjualan telur
puyuh asin maupun telur puyuh mentah yang akan dijalankan setiap harinya yaitu
diwilayah pasar Tulangan Sidoarjo dengan menyewa kios didepan pasar/dekat
dengan jalan raya agar konsumen lebih mudah mengakses lokasi kios dan juga
menghemat biaya transport karena dekat dengan lokasi usaha budidaya puyuh
berjarak 1,5 km = 5 menit. Agar usaha lebih menonjol maka iklan dapat
menggunakan papan reklame yang dipasang diatas atap kios tempat usaha.
Lokasi penjualan di kios pasar
|
Lokasi tempat ternak
|
e.
People
Mempekerjakan
orang yang kriterianya banyak berbicara seperti sales, jujur, kenalan pedagang
pasar yang banyak dan dapat dipercaya.
Sasaran orang yang diperkerjakan yaitu orang yang setiap harinya berbelanja
dipasar/berpergian kepasar dan jika bisa orang yang pernah menjadi sales pasar.
f.
Process
Mendampingi dalam proses penjualan
kepada konsumen agar lebih memiliki daya tarik, penulis berencana memiliki
video cara proses pembuatan telur puyuh asin dari proses peternakan sampai
produk jadi hingga memiliki sertifikat halal dan pengujian laboratorium, yang
nantinya dilihatkan kekonsumen dan dishare ke youtube.com .
g.
Physical
Evidence
Penjualan secara transportasi menggunakan
mobil pick up milik sendiri yang berfungsi berpindah – pindah tempat penjualan,
yang bak belakang sudah didesain menarik dan tempat penjualannya diarea ramai
seperti diarea sidoarjo taman pinang karena dekat dengan jalan umum dan
berjejeran dengan pedagang lainnya yang tak serupa jenis barang yang dijual.
C.
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
a.
Aspek Origansasi
Jabatan
|
Uraian Tugas
(A)
|
Jumlah
(B)
|
Gaji / Bulan
(C)
|
Total
(BxC)
|
Bag. Pemasaran
|
Sales
promosi
|
1
|
Rp.
1.300.000
|
Rp.
1.300.000
|
Bag. Produksi&
perawatan
|
Pembuatan
produk
|
2
|
Rp.
1000.000
|
Rp.
2000.000
|
Bag. Penjualan
|
Pengelola
ternak
|
1
|
Rp.
1000.000
|
Rp.
1000.000
|
Total Gaji / Bulan
|
Rp.
4.300.000
|
b. Perijinan
Untuk perijinan yang dibutuhkan oleh usaha adalah
surat izin dari RT/RW setempat dan SITU (Surat Izin Tempat Usaha). Dengan
perkiraan total biaya sebesar Rp 1.000.000,-
c. Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
KEGIATAN
|
JADWAL
PELAKSANAAN
(
Dalam Mingguan )
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Survei Pasar
|
√
|
|
|
|
2. Menyusun Rencana Usaha
|
√
|
√
|
|
|
3. Perijinan
|
|
√
|
√
|
|
4. Survei tempat usaha
|
√
|
|
|
|
5. Survei Gerobak Franchise
|
√
|
√
|
|
|
6.
Pembelian Gerobak Franchise
|
|
|
√
|
|
7. Pemasangan Sarana Penunjang
|
|
|
√
|
|
8. Mencari Pekerja
|
|
√
|
√
|
|
9. Uji Coba Pembuatan
Fruit Burger
|
|
|
|
√
|
10. Operasional
|
|
|
|
√
|
d.
Inventaris Supply Usaha
Jenis Biaya
Supply Usaha
|
Total Biaya per
Tahun
|
Bolpoin
|
36.000
|
Kwitansi
|
72.000
|
Sarung tangan plastik
|
50.000
|
Pulsa (untuk layanan antar)
|
1.200.000
|
Tas Kresek
|
360.000
|
Total Supply Usaha (Rp)
|
1.718.000
|
Perangkat Usaha
|
Jumlah unit
|
Harga
|
Jumlah harga
|
||
Kandang
ukuran 3x6
|
3
|
2.000.000
|
6.000.000
|
||
Bibit
puyuh betina
|
200
|
2.500
|
500.000
|
||
Bibit
puyuh jantan
|
50
|
2.500
|
125.000
|
||
Pakan
15 kg/hari
|
150
|
1.500
|
225.000
|
||
Obat
vaksin
|
1
|
300.000
|
300.000
|
||
Lampu
dop
|
10
|
7000
|
70000
|
||
Listrik
x 12 bulan
|
1
|
550000
|
550.000
|
||
Mobil
Pick up (bensin)
|
1
|
2.000.000
|
120.000
|
||
Ember
plastik
|
50
|
10.000
|
50.000
|
||
Kuali
tanah atau panci
|
2
|
25.000
|
50.000
|
||
kompor
|
2
|
200.000
|
400.000
|
||
Alat
pengaduk
|
2
|
8000
|
16.000
|
||
Stoples/alat
penyimpan telur
|
1
|
150.000
|
300.000
|
||
Total seluruh biaya
|
|
8.706.000
|
|||
D. ASPEK PRODUKSI
a. Produk
1.
Dimensi
Bentuk produk telur puyuh sama saja seperti
biasanya tetapi memiliki rasa yang berbeda yaitu asin. Cara pembuatannya sama
seperti proses pembuatan telur asin bebek. Agar membedakan produk, kemasan
didesain berbeda yang memiliki logo perusahaan dan manfaaat konsumsi.
2. Nilai/manfaat Produk
Telur
puyuh asin merupakan sumber protein terbaik. Seratus gram telur puyuh
mengandung 13,05 gram protein, sedikit lebih tinggi dari telur ayam maupun
telur bebek. Salah satu keunggulan protein telur dibandingkan dengan protein
hewani lainnya adalah daya cernanya yang sangat tinggi. Artinya, setiap gram
protein yang masuk akan dicerna di dalam tubuh secara sempurna. Manfaat dari
telur puyuh yang lain yaitu sebagai nutrisi otak karena selain protein, lemak,
vitamin, dan mineral, telur puyuh juga kaya akan kolin. Kolin berperan penting
di dalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak.
b.
Tanah dan Bangunan
Penyewaan
1 kios / Toko dipasar Tulangan Rp 8.000.000/tahun
c.
Proses Produksi
E. ASPEK KEUANGAN
a. Sumber
Pendanaan
Dalam penggalian dana untuk
mewujudkan usaha ini, dari pemilik usaha memutuskan untuk memakai 100% modal
sendiri tanpa ada bantuan atau pinjaman dari pihak manapun. Dikarenakan biaya
untuk pewujudan usaha tidak terlalu mahal.
b. Kebutuhan Pembiayaan/Modal Investasi
per tahun
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
a. Papan
sponsor
|
1 Unit
|
700000
|
700.000
|
b.
Peralatan
|
1
(Total)
|
350000
|
350.000
|
c. Sewa
Tempat
|
1 tahun
|
8000000
|
8.000.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp 9.050.000
|
Nama Bahan Baku
|
Jumlah
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
Garam
|
15
Kg
|
1.700
|
25.500
|
Abu
Gosok
|
15
kg
|
1.000
|
15.000
|
Batu
Bata
|
8
biji
|
700
|
5.600
|
Plastik
kemasan
|
3
kg 11x16cm
|
11.000
|
33.000
|
Kertas
kemasan
|
40
lembar A4
|
200
|
8000
|
Total
Pembelian Bahan Baku (Rp)
|
87.100
|
3. Kebutuhan Pembiayaan/Modal Kerja
Untuk pembiayaan modal
kerja, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada aspek produksi pada tabel
bahan baku. Maka untuk pembiayaan modal kerja perbulan adalah Rp 87.100 x 26
Hari Kerja = Rp. 2.264.600 + Rp 120.000 (Biaya Supply) = Rp 2.384.600/bulan
untuk bahan baku dan biaya supply usaha
4. Analisis Biaya Tetap
Biaya
tetap pada usaha Budidaya puyuh ini adalah gaji 4 orang karyawan sebesar Rp 4.300.000,-
5. Penentuan BEP (Break Even Point)
Diketahui :
-
Biaya tetap (FC) sebesar Rp 4.420.000,-
(Gaji dan Supply Per bulan)
-
Biaya Variabel per unit (V) Rp 250.,-
(Bahan baku per pcs Fruit Burger)
-
Harga jual per unit (P) Rp 500
-
Misal 1 ekor puyuh betina menghasilkan 2
telur, jadi 200 ekor x 2 Kapasitas produksi maksimal = 400.000 telur/hari x 30
hari = 12.000.000 per bulan
Maka
untuk menentukan BEP pada penjualan adalah
BEP
(Q) = FC / (P – V)
= 4.420.000 / (500 – 250)
= 17.680 telur
Maka setelah diketahui
BEP pada Budidaya puyuh adalah 17.680 telur, berarti dapat diketahui 17.680 telur
/ 400.000 telur (per hari) = 0,042 (1 Hari). Jadi modal investasi selama 1
bulan usaha akan mengalami titik impas pada 400.000 telur atau selama kurang
lebih 1 hari dalam 1 bulan. Dan diketahui laba per telur adalah Rp 250/butir
6. Penghitungan NPV (Net Present Value)
Diketahui :
Keterangan
|
Uraian
|
Total
|
1. Penjualan
2. Biaya bersifat tunai
3. Penyusutan (alat/penyakit unggas)
4. Laba operasi (1 thn)
|
312 Hari x Rp 100jt (250 x 400.000 telur)
4.420.000 x 12 Bulan
Rp. 3.350.000 per tahun
|
Rp 312 jt
Rp 53.040.000
Rp. 3.350.000
Rp 255.610.000
|
Dari tabel tersebut
dapat diketahui Net Present Value (NPV) dari usaha Budidaya puyuh = – Modal + Laba (1 tahun)
= - Rp 17.756.000 + 255.610.000
= Rp 237.854.000 (NPV
Positif, Investasi diterima)
ayo jangan lewati promo menarik kami
BalasHapusada promo bonus deposit member baru
dan jackpot singapore
info layanan Kami :
BBM : D8E23B5C
WHAT APPS : +85581569708
LINE : togelpelangi
WE CHAT : togelpelangi
LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET
New game : live togel !
Gambling and gambling in Florida - Dr.MCD
BalasHapusAnd many Florida residents now have access 이천 출장마사지 to gambling services. 서산 출장샵 If you 포천 출장샵 gamble and you want to 경상남도 출장샵 enjoy gambling while on your next trip to 경상남도 출장안마 the